insightbypcr.com

insightbypcr blog

Google PageRank TIDAK Mati: Mengapa Masih Penting

Backlinks or link building business concept illustration Premium Vector

Apakah Anda pernah terlibat dalam SEO selama lebih dari beberapa tahun? Anda mungkin ingat PageRank Toolbar Google.

Apa itu Google PageRank?
PageRank ( PR ) adalah rumus matematika yang menilai “nilai sebuah halaman” dengan melihat kuantitas dan kualitas halaman lain yang menautkannya. Tujuannya adalah untuk menentukan kepentingan relatif dari halaman web tertentu dalam jaringan (yaitu, World Wide Web).

Pendiri Google Sergey Brin dan Larry Page merancang PageRank pada tahun 1997 sebagai bagian dari proyek penelitian di Universitas Stanford. Mereka menggambarkan motivasi mereka sebagai berikut:

“ Sasaran utama kami adalah meningkatkan kualitas mesin pencari web.”

Itu membawa kita ke poin penting: Mesin pencari tidak selalu seefisien Google saat ini. Mesin pencari awal seperti Yahoo dan Altavista sama sekali tidak bekerja dengan baik. Relevansi hasil pencarian mereka meninggalkan banyak hal yang diinginkan.

Inilah yang dikatakan Sergey dan Larry tentang keadaan mesin pencari di makalah aslinya :

“ Siapapun yang baru-baru ini menggunakan mesin pencari dapat dengan mudah bersaksi bahwa kelengkapan indeks bukanlah satu-satunya faktor dalam kualitas hasil pencarian. “Hasil sampah” sering kali menghapus semua hasil yang diminati pengguna. ”

PageRank bertujuan untuk memecahkan masalah ini dengan memanfaatkan “grafik kutipan (tautan) web”, yang digambarkan oleh keduanya sebagai “sumber daya penting yang sebagian besar tidak digunakan di mesin telusur web yang ada”.

Ide ini terinspirasi oleh cara para ilmuwan mengukur “pentingnya” makalah ilmiah. Yaitu dengan melihat jumlah karya ilmiah lain yang mereferensikannya. Sergey dan Larry mengambil konsep ini dan menerapkannya ke web dengan melacak referensi (tautan) antar halaman web.

Itu sangat efektif sehingga menjadi dasar dari mesin pencari yang sekarang kita kenal sebagai Google, dan sampai sekarang.

Bagaimana cara kerja Google PageRank?
Google memperhitungkan tiga faktor saat menghitung PageRank suatu halaman web, yaitu:

Kuantitas dan kualitas halaman tautan masuk;
Jumlah link keluar di setiap halaman yang menghubungkan;
PageRank dari setiap halaman yang menghubungkan.

Mengapa Google menghapus skor PageRank publik?

Karena Internet dan pemahaman kita tentang Internet semakin kompleks, skor PageRank Toolbar menjadi kurang berguna bagi pengguna sebagai metrik tunggal yang terisolasi. Menghentikan tampilan PageRank dari Toolbar membantu menghindari kebingungan pengguna dan webmaster tentang pentingnya metrik.

Tetapi hampir pasti ada faktor lain yang berkontribusi terhadap keputusan tersebut: spam tautan .

Ini adil untuk mengatakan bahwa SEO telah lama terobsesi dengan PageRank sebagai faktor peringkat, mungkin karena apa yang disebut “toolbar PageRank” menawarkan ukuran yang terlihat, secara harfiah, untuk kelayakan peringkat halaman web.

Tidak ada pengukur visual seperti itu untuk faktor peringkat lainnya, yang membuatnya tampak seperti PageRank adalah satu-satunya faktor yang penting. Akibatnya, orang-orang segera mulai membeli dan menjual tautan ” PR tinggi “. Itu menjadi industri besar, dan masih, sedikit informasi tambahan bagi kalian yang sedang mencari jasa seo kami punya solusi yaitu raja backlink, kami tunggu kehadiran anda untuk mengoptimasi kebutuhan website anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *