insightbypcr.com

insightbypcr blog

Surat Lamaran Anda Sering ditolak? Mungkin Ini Kesalahan yang Anda Lakukan Saat Melamar Kerja

Ada kabar buruk dan kabar baik yang seringkali didengar oleh pihak pelamar kerja. Kabar buruknya yaitu karena lamaran kerja nya ditolak atau bahkan tidak mendapatkan kejelasan dari lamaran yang sudah dikirimkan ke suatu perushaan atau instansi. Misalnya tidak mendapatkan kabar mengenai surat lamaran yang telah dikirimkan tersebut. Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa kesalahan yang sering kali diperbuat oleh pihak pelamar.

www.masukuniversitas.com

Jika Anda adalah orang yang tidak beruntung akibat sering kali mendapatkan penolakan ketika melamar pekerjaan, maka ada beberapa kesalahan yang mungkin pernah Anda lakukan di antaranya sebagai berikut ini:

  1. Tata paragraf yang Tidak Rapi

Kesalahan pertama yang mungkin pernah Anda lakukan yaitu perihal penataan paragraf yang tidak rapi. Kesalahan tersebut seringkali terjadi dari segi penulisan isi dari surat lamaran kerja. Misalnya pembuka, perkenalan singkat data diri, maksud maupun tujuan. Selain itu susunan kalimatnya pun juga tidak baik, sehingga membuat pihak HRD malas untuk membacanya.

  1. Tidak Menuliskan Subjek Pada Email

Apabila Anda melamar pekerjaan melalui email dan seringkali tidak mendapatkan kejelasan atau tidak mendapatkan balasan, maka hal ini bisa saja terjadi karena Anda tidak menuliskan subjek atau body email. Hal ini memang sering kali dialami bagi freshgraduate yang kurang berpengalaman ketika mencari pekerjaan.

  1. Banyak typo

Bagi pembaca yang memperoleh tulisan banyak typo atau kesalahan tentunya akan malas untuk membaca. Selain itu adanya typo juga memberikan makna yang berbeda. Sebab itulah sebelum Anda menuliskan surat lamaran kerja harus mengecek setiap tulisan untuk memastikan bahwa surat lamaran kerja yang Anda tulis tersebut tidak terjadi kesalahan atau typo.

  1. Tidak Menggunakan Bahasa Formal

Kesalahan selanjutnya yang mungkin bisa saja pernah Anda lakukan yaitu karena penggunaan bahasa yang tidak formal. Padahal dalam pembuatan surat lamaran kerja bahasa yang digunakan harus formal dan sesuai dengan EYD. Apabila Anda masih bingung bagaimana bahasa formal yang digunakan dalam surat lamaran kerja, silahkan cek contoh surat lamaran pekerjaan.

Dalam pembuatan lamaran kerja penggunaan bahasa santai atau tidak bagus sangat tidak dianjurkan, karena hal ini akan menggagalkan Anda untuk menjadi kandidat yang dibutuhkan pada suatu perusahaan yang Anda lamar.

Beberapa kesalahan yang ada di atas perlu Anda perhatikan dengan baik supaya tidak terulang lagi pada surat lamaran kerja Anda selanjutnya. Apabila salah satu kesalahan diatas Anda lakukan maka jangan heran apabila surat lamaran Anda akan ditolak oleh pihak perusahaan di mana Anda melamar pekerjaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *